Kamis, Februari 19, 2009

STRATEGI BELAJAR EFEKTIF


Oleh : TuanPutrie

Pengen efektif dalam belajar dan mendapatkan hasil yang sempurna?? Ikutilah strategi berikut :
Rajin Membaca
Membaca itu sarana yang paling tepat untuk memperoleh ilmu. Buktinya, Allah menurunkan Al Qur’an dengan suratnya yang pertama : Iqra’, bacalah. Berarti, Allah itu memerintahkan umatNya untuk rajin membaca.
Nah, kalo kalian pengen mendapatkan hasil yang sempurna dalam belajar, rajinlah membaca. Setelah guru menjelaskan di kelas, sepulang sekolah bacalah kembali catatannya. Sebelum guru menjelaskan sebuah materi tertentu, bacalah terlebih dahulu materi tersebut di buku teks yang kalian punya, atau kalian pinjem di perpustakaan. Bacalah buku-buku pendukung materi belajar di sekolah, jangan Cuma mengandalkan buku paket yang digunakan oleh guru saja. Semakin banyak buku yang dibaca, semakin banyak referensi, sehingga akan memperkaya ilmu kita. Rajin-rajinlah membaca koran/majalah yang sekiranya dapat menambah wawasan ataupaun pengetahuanmu. Kalo kalian rajin membaca, saya yakin…keberhasilan sudah berada di depan matamu, tinggal kalian lanjutkan ke strategi berikutnya agar bisa menggenggam keberhasilan tersebut.

Sering Berfikir
Apa yang sudah kalian baca di buku-buku tersebut, kemudian pikirkanlah, dicerna, dianalisis, dan dipahami. Pelajaran yang sudah dijelaskan oleh guru, setelah dibaca ulang di rumah, kamudian di pikirkan dan direnungkan, supaya kalian bisa lebih ingat dan lebih memahami pelajaran tersebut. Kalo sudah paham, insyaallah akan mudah menerima materi pelajaran berikutnya.

Langsung Bertindak
Kalau sudah paham, langsung bertindak. Kerjakan soal-soal yang baru. Atau segera pelajari materi berikutnya yang akan diajarkan esok hari. Atau segera bertindak untuk mengaplikasikan pelajaran tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Intinya, langsung saja bertindak. Bertindak apapun, yang bakal membuat kalian lebih memahami dan lebih menguasai bahkan bisa lebih mengembangkan materi pelajaran tersebut. Lakukan secara kontinu, istiqomah, dan pantang menyerah.
Ketiga strategi tersebut saling berkaitan dan berkelanjutan. Setelah membaca, pikirkan, kemudian bertindak. Pokoknya, jangan sampai ada salah satu proses yang terlewati. Misalnya, kalian hanya membaca saja, tanpa melakukan proses pemahaman dengan berpikir dan tidak bertindak langsung untuk mempelajari lebih dalam. Kalau begini, kalian tentunya tidak kan berhasil sempurna. [TuanPutrie]

1 komentar:

Santoso, S.Pd mengatakan...

lam kenal,
from:http://sanfisika.blogspot.com